MENGGANTI NAMA USERNAME ROOT DAN HOSTNAME KALI LINUX

Okeh sesuai judulnya, kali ini saya akan menuliskan caranya mengganti nama username root dan hostname di kali linux tapi sebelum saya melanjutkan ke step by step cara menggantinya, saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang; Apa itu username dan hostname? Mau tahu? Okeh kita lanjutkan.

Seperti yang kita ketahui username ialah nama akun dari si pengguna yang digunakan untuk bisa mengakses masuk (login) ke dalam sebuah system dengan hak akses yang telah ditentukan. User di linux ada 2 macam yakni root (super admin) dan user biasa. Nah kalau di kali linux username defaultnya adalah root yang notabene adalah super admin yang memiliki hak akses penuh dan tidak bisa lebih dari satu, berbeda lagi dengan user biasa memiliki hak akses yang terbatas dan bisa lebih dari satu. Sedangkan hostname digunakan untuk penamaan pada setiap komputer dalam sebuah jaringan jadi kita tidak perlu lagi menghafal IP Address yang berbentuk numerik untuk membedakan setiap komputer dikarenakan sudah ada yang simplenya untuk membedakan setiap komputer yakni hostname, nah untuk di kali linux default hostnamenya ialah localhost.

Okeh sekarang saya akan memberikan caranya step by step, berikut perintah-perintahnya.

STEP PERTAMA:
Pastinya loginnya waktu pertama masuk pada system kali linux masih settingan username default yakni root dan buat yang lupa cara menggantinya pastikan kita dalam mode root (#) kemudian buka console/terminal linuxnya dan edit file hosts dengan mengetikkan 
nano /etc/hosts

ubah  kata localhost dengan yang diinginkan.

STEP KEDUA:
edit file hostname dengan hostname yang sama pada file hosts tadi, ketikkan
nano /etc/hostname
Untuk mengecek perubahannya menggunakan perintah hostname.

STEP KETIGA:
Untuk mengganti nama username root di terminal ketikkan
nano .bashrc
STEP KEEMPAT:
Setelah itu kita cari "\u@\h". Dalam filenya ada 3 buah "\u@\h", gantikan semua dengan kata yang diinginkan. (cek gambar)


STEP KELIMA:
Simpan file .bashrc dengan menekan tombol CTRL+O untuk Writeout/Save lalu CTRL+X untuk Exit, lalu tutup terminal yang sedang terbuka dan buka kembali terminalnya dan lihat sekarang nama root telah berubah menjadi nama yang diinginkan tadi. Sampai disini kita telah berhasil mengganti nama username root dan hostname di kali linux.


Dan akhirnya sampai disini juga postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat  postingannya walaupun sudah usang mungkin tapi biarlah karena kalau ilmu baru pasti nambah pengetahuannya tapi kalau ilmu yang sudah usang buat ngingetin kita saja dan selamat mencoba ya.

Source: Google
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
20 January 2019 at 09:24 ×

Bagus Tutorialnya gan. Mampir gan Ke Blog saya Merubah Hostname Debian 9

Congrats bro Farras Indyawan you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment